Inikah Ukuran Standar Dapur yang Ideal?

Bicara ukuran artinya bicara angka. Tidak sedikit orang malas memperhatikannya. Padahal, untuk membikin dapur yang ergonomis, mau tidak mau kami wajib bicara ukuran, tinggi, rendah, panjang, serta lebar.

Mungkin, Kamu tidak jarang merasa tidak enjoy bekerja di working table di dapur rumah Anda. Atau, Kamu merasa kesusahan menjangkau benda-benda yang disimpan di lemari alias kabinet gantung. Bisa jadi, ini sebab dapur Kamu dirancang tanpa memperhatikan ukuran-ukuran ideal.

Ukuran ideal suatu  dapur sepintas terlihat sepele. Tapi, Kamu sebagai pemakai bisa merasakan sendiri dampaknya. Ukuran yang sembarangan bisa membikin kerja di dapur sehingga tidak enjoy. Kalau mau lebih enjoy lagi, sewajibnya ukuran lemari, working table, serta kitchen set wajib disesuaikan dengan ukuran tinggi badan, bahkan ukuran siku, dari orang yang tidak jarang beraktivitas di dapur.

Beberapa buku mengenai dapur membahas mengenai ukuran standar beberapa perabot dapur, yang kerap kali kami lalaikan. Intisari dari ukuran-ukuran standar itu meliputi:

Ukuran meja kerja

Coba ukur working table alias meja kerja di dapur rumah Anda. Berapa tingginya?

Menurut Gilly Love dalam bukunya Membikin Dapur Idaman, idealnya ketinggian area kerja ini merupakan sama tinggi dengan pinggang. Bahkan, bisa sehingga lebih rendah lagi kalau dipakai untuk pekerjaan-pekerjaan lebih berat dari sekadar meracik bumbu, umpama memasak.

Pada kegiatan ini, ketinggian meja yang lumayan rendah bakal membikin lengan lebih mudah bekerja saat mengaduk alias membolak-balik makanan di penggorengan alias panci.

Daya jangkau

Permukaan meja kerja juga wajib diperhatikan berapa lebarnya. Daya jangkau tangan manusia, terutama wanita, ke depan merupakan 85 cm, sementara ke samping antara 42cm - 62cm.

Tinggi lemari

Lemari penyimpanan juga tidak jarang dibangun tanpa memperhitungkan ukuran yang pas. Dalam Kitchens That Work yang ditulis oleh Martin Edic serta Richard Edic dikatakan, bahwa tinggi lemari penyimpanan yang tetap bisa dijangkau tangan merupakan 2m. Tinggi setiap rak di dalam lemari pun butuh diperhatikan, ukuran yang ideal merupakan kurang lebih 65cm - 180cm.

Sirkulasi

Jarak sirkulasi koridor antara area kerja satu serta yang lain, juga butuh diperhatikan. Terlalu sempit bakal membikin dapur terasa sempit serta tidak enjoy. Tetap dari Kitchens That Work disebutkan, bahwa jarak optimal yang sebaiknya disoftwarekan merupakan 94cm.

Tinggi bak cuci

Area berikutnya merupakan area cuci piring (kitchen sink). Imelda Akmal dalam bukunya Seri Menata Rumah: Ruang Makan menuliskan, bahwa tinggi bak cuci sebaiknya antara 70cm - 80cm dari lantai. Jadi, pemakainya tidak butuh membungkuk untuk menjangkau dasar bak.

Kiranya, dengan memperhitungkan ukuran, tinggi, rendah, panjang, serta lebar Kamu telah lebih siap mendesain dapur yang ergonomis. Selamat berkarya!

Sumber: KOMPAS.com

Anda sedang mencari produsen solid surface? Kami dari CV Triem Gunung Mas melayani pembuatan solid surcafe untuk kebutuhan Receptionist Table, Counter Top, Front Desk, Wastafel untuk kebutuhan rumah, kantor & usaha lainnya. Siap melayani seluruh Indonesia. 
Hubungi kami : 
CV Triem Gunung Mas
Mobile : 0813-9916-1699
Telp : 021-8673587
Email : admin2@performnite.com
Website : http://performnite.com
0 Komentar untuk "Inikah Ukuran Standar Dapur yang Ideal?"

Back To Top